6 Tips Praktis Siapkan Perjalanan untuk Bisnis

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan bisnis di Bulan Ramadhan memang cukup mengasyikan.


By admin
May 28,2017 12:12:32

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan bisnis di Bulan Ramadhan memang cukup mengasyikan. Karena di sela-sela waktu kosong, Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk sekaligus traveling, mengunjungi tempat wisata atau sekedar berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan ternama.

Perjalanan bisnis kini merupakan hal yang sudah biasa. Sarapan pagi di Jakarta, makan siang di Medan, hingga makan malam pun sudah terbang ke Malaysia dengan menggunakan pesawat. Bukan hal yang mustahil dalam satu hari kamu berada di dua negara yang berbeda demi urusan bisnis.

Namun demikian, bukan berarti perjalanan bisnis itu sepenuhnya menyenangkan. Untuk yang pertama kali menjalankan rutinitas perjalanan bisnis di Bulan Ramadhan ada beberapa tips yang perlu diketahui agar bisa beradaptasi dengan kehidupan yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

1. Buat baftar barang yang ingin dibawa

Jangan selalu kamulkan barang-barang pribadi seperti toiletries. Tidak semua hotel menyediakan barang-barang pribadi yang Kamu butuhkan. Meskipun terlihat sepele, sangat penting untuk menjaga kesehatan pribadi dengan membawa toiletries yang bisa digunakan sehari-hari.

Pastikan semua barang-barang kecil ini tidak ketinggalan. Agar semua barang yang hendak dibawa lengkap, buatlah daftar barang bawaan. Biasanya bagi pria, membuat daftar bawaan seperti ini merupakan hal yang sering terlewatkan. Padahal kesuksesan perjalanan bisnis ditentukan juga dengan perasaan tenang karena tidak ada barang yang ketinggalan.

2. Jangan lupa membawa perlengkapan untuk ibadah

Ramadan adalah bulan penuh kebaikan. Sekecil apapun amal baik yang dilakukan pasti akan dilipatgkamukan. Jalan-jalan selama berpuasa tidak boleh dijadikan alasan meninggalkan ibadah. Bawalah alat ibadah kemana pun kaki melangkah.

Untuk perempuan baiknya membawa mukena dan sajadah yang mudah dilipat dan terbuat dari bahan yang ringan. Untuk pria, bawalah sajadah dan juga sarung yang bisa dilipat kecil untuk menghemat tempat di dalam tas.

3. Siapkan semua identitas sebelum check in

Identitas diri seperti KTP dan nomor reservasi tiket pesawat sudah harus disiapkan sebelum melakukan check in. Saat sebelum melewati pemeriksaan sinar X, Kamu juga akan diminta untuk melepaskan semua barang berbahan logam.

Gunakan tas kecil untuk menyimpan barang-barang yang hendak digunakan kembali selepas pemeriksaan sinar X seperti jam tangan, ikat pinggang, ponsel hingga dompet. Jangan sampai, Kamu baru merapikan barang tersebut sesaat sebelum masuk ke pemeriksaan sinar X. Selain membuat lama antrian, juga terdapat risiko barang berharga jatuh atau tertahan saat pemeriksaan.

4. Bawa bantal selama diperjalanan

Bagi para pebisnis yang memiliki jam terbang tinggi, perjalanan dengan pesawat terbang bisa dimanfaatkan sebagai waktu istirahat. Tidak ada salahnya menyiapkan bantal khusus traveling. Bahkan kini suda ada bantal traveling yang bisa ditiup seperti pelampung. Saat tidak digunakan, bantal travel bisa dikempiskan dan dimasukkan ke dalam tas tanpa harus menambah ruang lebih.

5. Ikuti program travel

Banyak tersedia program travel yang disediakan oleh maskapai penerbangan hingga beberapa hotel tempat menginap. Dengan mengumpulkan poin, Kamu bisa mendapatkan diskon tiket pesawat bahkan tiket pesawat gratis dari akumulasi poin yang berhasil dikumpulkan.

6. Install aplikasi Smart In Pays di handphonemu

Untuk Kamu yang memiliki mobilitas tinggi, pemesanan tiket pesawat tentunya akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi smartinpays.com Kamu bisa mengunduhnya di Google Play untuk pengguna Android.